Cara Agar Tidak Sedih

Mengubah sudut pandang Anda dan mengelilingi diri Anda dengan sikap positif dapat membantu seseorang yang cenderung sedih untuk meningkatkan perspektifnya dan mencapai keadaan yang sejahtera.

Ada saat-saat dalam hidup kita ketika kita melewati masa-masa kesedihan dan bertanya-tanya bagaimana cara berhenti bersedih.

Meskipun kita tidak suka mengalami perasaan ini, ini adalah emosi yang alami, bahkan berguna. Entah bagaimana, semua kesedihan itu membantu kita untuk lebih rasional dan untuk menemukan keseimbangan kita.

Pada kenyataannya, kehidupan yang penuh dengan apa yang disebut kebahagiaan kemungkinan besar hanya akan sedikit berguna dan sedikit stimulasi.

Banyak orang yang meneteskan air mata tanpa perasaan yang disebut dengan: kebiasaan "kelumpuhan emosional" dan "penekanan emosional". Kesepian, sedih, menyakitkan dan menakutkan.

Seseorang yang memproses emosi dengan cara ini itu merupakan Seseorang yang menekan diri Atau seseorang yang melewati semua emosinya dan memutuskan bahwa tidak ada yang terjadi. Seseorang yang dengan cepat menjadi tidak berdaya dan meninggalkan konflik.

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti itu, Anda tidak akan menyadari perasaan Anda. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, Anda tidak akan dapat mengevaluasi kekuatan emosional dengan benar.

Namun, terus menerus menghadapi keadaan emosi ini adalah masalah yang harus kita pelajari untuk dilawan. Apakah Anda sedang melalui masa yang rumit dan sepertinya tidak mungkin menemukan jalan keluar? Ikuti tips kami untuk berhenti bersedih di artikel ini.

Berikut tips dari kami untuk Anda yang ingin dapat menghilangkan atau mereda rasa sedih atau kesedihan saat ini:

1. Temukan tempat sunyi, hening, namun tetap membuat Anda nyaman disana

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi untuk merasa lebih baik, Anda perlu meluangkan waktu bersama diri sendiri dari orang-orang dan kehidupan. Anda mungkin ingin menutup pintu kamar Anda, duduk di bangku taman yang tenang, berjalan-jalan sendirian, atau mencari tempat lain yang memberi Anda waktu untuk memikirkan dan memproses apa yang telah Anda alami.

Semakin banyak kebisingan, gangguan, dan keramaian, semakin mudah untuk tersedot ke dalam siklus kesengsaraan yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

2. Berhentilah merenungkan apa yang membuat Anda merasa buruk

Langkah pertama untuk berhenti bersedih adalah memahami bahwa terus merenungkan pikiran yang sama itu melelahkan dan tidak berguna.

Memfokuskan semua energi Anda pada pikiran ini akan meningkatkan kesedihan dan frustrasi karena Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Untuk memblokir lingkaran buruk ini, cobalah untuk membuat pikiran Anda sibuk dengan pikiran lain yang lebih positif dan mendorong Anda untuk melakukan hal-hal baik.

Biarkan diri Anda berada dengan aktivitas yang menyenangkan dan membuat Anda sibuk. Mungkin itu akan membuat Anda kehilangan tenaga pada awalnya, tetapi secara bertahap itu akan menjadi lebih alami.

3. Hadapi apa yang Anda rasakan dengan keberanian

Ketika kita merasakan tekanan emosional atau ketidaknyamanan yang intens, wajar jika setiap dari dalam diri kita melarikan diri dan bersembunyi.

Kita melakukan ini dengan meredam emosi kita dengan menonton TV, teknologi, bermain game di handphone, bermain bersama teman, dan makanan, dan dengan mengalihkan perhatian kita selama mungkin sampai "perasaan terpuruk itu hilang".

Tapi itu semua tidak sepenuhnya. Perasaan seperti itu masih ada di sana, bersembunyi jauh di lubuk hati, terkurung di tempat gelap bayangan diri kita.

Sebanyak yang Anda pikir Anda bisa menghindari apa yang Anda rasakan, Anda tidak akan bisa. Itu akan selalu datang kembali dan menghantui Anda dalam satu atau lain bentuk, seringkali dengan intensitas yang lebih besar. Akhirnya, setelah menghindari emosi begitu lama, beberapa dari kita malah berakhir dengan penyakit mental atau kondisi kesehatan kronis.

Inilah mengapa Anda perlu menghadapi apa yang Anda rasakan saat ini, dengan keberanian. Jika ada, bersyukurlah pada diri Anda sendiri atas kesediaan Anda untuk menjadi kuat dan berani dalam menghadapi kekacauan batin yang begitu besar. Hanya sedikit orang seperti Anda yang bersedia untuk melakukan ini.

Setelah Anda menemukan tempat yang tenang untuk duduk atau diam, Anda perlu menyambut proses penyembuhan. Pada awal proses penyembuhan apa pun, Anda perlu mengakui apa yang terjadi dan membiarkan diri Anda merasakan apa pun yang Anda rasakan. Misalnya, Anda mungkin merasa malu, bersalah, tidak berharga, jelek, buruk, takut atau marah (atau kombinasi dari perasaan ini dan banyak lainnya).

Tenanglah dan biarkan diri Anda merasakan ini sepenuhnya. Biarkan diri Anda mengeluarkan sensasi ini dari sistem dalam diri Anda sehingga tidak lagi mencemari batin Anda. Bersihkan diri Anda dengan menyerah kepada semua proses penyembuhannya.

Proses ini mungkin berlangsung satu jam, atau mungkin berlangsung dan sepanjang hari atau bahkan lebih lama. Tapi hargai diri Anda dan keberanian Anda, dan pertahankanlah. Itu sangat berharga.

4. Istirahatlah (Tudur) dengan Waktu yang Cukup

Berhenti sedih lebih mudah jika pikiran lebih rileks. Ingatlah bahwa kita membutuhkan 6 sampai 8 jam tidur sehari agar tubuh dan pikiran berfungsi dengan baik.

Jika Anda cenderung menderita insomnia, kurang tidur mungkin merupakan faktor yang memengaruhi suasana hati Anda. Jika kesedihan disebabkan oleh faktor lain, tidur akan tetap membantu Anda untuk rileks dan cukup mengistirahatkan pikiran.

  1. Setelah beberapa jam tidur semuanya menjadi lebih baik.
  2. Jika Anda memiliki masalah insomnia, minumlah teh yang menenangkan atau susu hangat dengan madu.

5. Ingatkan diri sendiri bahwa meskipun Anda merasa sendirian, Anda memiliki banyak teman.

Ketika kita merasakan sakit, kita sering mengembangkan pola pikir yang sangat kecil dan sangat dikorbankan tentang diri kita sendiri. Secara alami, kita cenderung terlalu fokus pada sumber penderitaan kita, dan rasa sakit kita itu sendiri, sehingga kita mengembangkan perspektif hidup yang rabun, percaya bahwa kita sepenuhnya sendirian. Tentu saja, ini menambah rasa sakit kita secara signifikan.

Sebenarnya saya sedih, Anda sedih, kita semua sedih di beberapa titik. Kita semua dikhianati, kita semua ditolak, kita semua dikecewakan oleh keadaan. Semakin cepat Anda mengingatkan diri sendiri tentang hal itu, semakin baik Anda mampu menangani kesedihan Anda, dan semakin sedikit kesedihan itu akan menguasai Anda.

6. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif

Orang-orang di sekitar kita memainkan peran mendasar dalam hidup kita, karena mereka memengaruhi cara berpikir dan memahami realitas. Jika orang-orang yang tinggal bersama Anda negatif, wajar jika Anda juga akan mulai memiliki pola pikir yang sama.

  1. Untuk berhenti menjadi orang yang sedih, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang ceria dan positif yang akan membantu Anda melihat sisi cerah kehidupan.
  2. Sangat penting untuk terbuka terhadap pemikiran positif dan kebahagiaan yang ditransmisikan oleh teman baru. Jika tidak, akan sulit bagi mereka untuk “memengaruhi” Anda dengan emosi positif.

7. Ubah rutinitas Anda

Melakukan hal yang sama setiap hari dan berbagi kehidupan dengan orang yang sama berulang kali dapat membuat siapa pun depresi. Untuk berhenti bersedih, kita perlu keluar dari kemonotonan ini saat hal itu mulai memengaruhi emosi kita secara negatif.

  1. Tambahkan sentuhan baru kapan pun Anda bisa atau ambil cuti dari pekerjaan.
  2. Tidak perlu berusaha keras untuk menghasilkan perubahan besar. Kenyataannya, perubahan kecil sudah cukup untuk memberikan emosi dan kesegaran baru pada hari-hari Anda.

Ini tentang melakukan sesuatu yang membangkitkan emosi positif dan merupakan sumber inspirasi.

8. Lakukan sesuatu untuk membantu diri Anda sendiri

Tidaklah mungkin berhenti bersedih hanya dengan memutuskan untuk tidak merasakan perasaan ini. Yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab mood Anda yang membuatnya bereaksi.

Setelah ini selesai, rencanakan strategi untuk melawan kesedihan. Menjaga tujuan akan membantu Anda tetap fokus dan ada kemungkinan bahwa seiring waktu Anda akan menemukan jawaban untuk masalah Anda.

Jika kesedihan adalah masalah besar bagi Anda karena sangat memengaruhi hidup Anda, konsultasikan dengan spesialis untuk bantuan yang ditargetkan.

9. Semuanya berlalu - begitu juga kesedihan Anda

Katakan pada saya, apa yang tetap sama untuk selamanya? Tidak akan ada dari Anda yang mau melakukannya bukan?. Dan kesedihanmu juga tidak!

Sama seperti awan bergulung di langit dan hanyut, begitu juga kesedihan Anda pada akhirnya. Meskipun Anda sedang berduka sekarang, dalam satu hari, minggu atau tahun dari sekarang, pengalaman ini akan menjadi kenangan yang berlalu. Ini mungkin tidak membantu untuk segera meredakan rasa sakit Anda, tetapi membantu mengurangi keparahan dan tingkat konsumsi Anda.